Home » » Mengatasi DDNS DynDNS Yang Tidak Gratis Lagi

Mengatasi DDNS DynDNS Yang Tidak Gratis Lagi

Seperti yang saya ketahui dan tentunya anda, DynDNS sudah menghentikan layanan gratis DDNS-nya. Sebenarnya tidak sepenuhnya benar “layanan gratis” tsb dihentikan. Kita masih tetap bisa menggunakan yang free, malah dengan paket Pro, syaratnya kita mempunyai kartu kredit.

Berikut kutipan sebagian balasan email dari DynDNS:

“As a third option, we do offer Pro-trials, where you can try out Pro for 30 days at no cost to you. If you choose to cancel within the 30 days, then as a thanks for trying it, you get to keep a host name for free. http://dyn.com/dns/dyndns-pro-free-trial/

Kurang lebih penjelasannya adalah bahwa DynDNS menawarkan untuk mencoba layanan paket Pro tanpa dipungut biaya selama 30 hari. Jika dalam 30 hari dibatalkan, maka sebagai tanda terima kasih hostname yang sudah dibuat akan diberikan atau dapat digunakan secara cuma-cuma.


Update:

Ada masukan lebih tepatnya update dari kolom komentar bahwa masa percobaan yang asalnya 30 hari sekarang berubah hanya 14 hari. Terima kasih atas masukannya.


“Kalo gitu masih tetap mudah dong untuk register dan membuat hostname untuk DVR?” Itupun perkiraan saya sebelum akhirnya saya harus mengisi kolom kartu kredit saat registrasi account baru. Kurang lebih form isiannya adalah sbb:

not free dyndns


He..he.. bete juga saat harus ngisi form tersebut. Ternyata DynDNS mulai menyaring user yang benar-benar serius menggunakan hostname di layanannya. Ya kurang lebih kartu kredit itu sebagai penjamin. Kalo sampe lupa di cancel, mau tidak mau akan di charge ke kartu kredit kita biaya pembayarannya.

Ada beberapa alternatif untuk menggantikan DynDNS.

  1. Ganti modem ADSL-nya dengan DLink. Saya bukan bermaksud untuk promosi. Tetapi sejauh ini baru DLink yang memberikan layanan gratis DDNS. Untuk registrasi bisa kunjungi link berikut: http://www.dlinkddns.com.
  2. Pastikan DVR anda mempunyai updater yang sangat handal dan mendukung DDNS dari No-IP dan ChangeIP. Untuk registrasi silahkan kunjungi http://www.no-ip.com dan http://www.changeip.com. No-IP hanya mengijinkan 1 free hostname, sedangkan changeip tidak menyebutkan berapa hostname free yang dapat dibuat. Saya sudah mencoba sampai 4 hostname dan pilihan domain namenya masih banyak variasinya seperti dnset.com, ddns.info, dll.
  3. Alternatif terakhir adalah menggunakan PC tambahan sebagai updater jika updater pada DVR tidak handal. Banyak penyedia DDNS gratis menmberikan software updater secara cuma-cuma. Software updater ini harus diinstall di PC dan sangat direkomendasikan oleh penyedia layanan. Kenapa saya menekankan updater DVR harus sangat handal, karena banyak DVR yang updater-nya tidak terlalu bagus. Awal settingan, update memang bagus. Tetapi saat IP Address publik berubah DVR tersebut tidak merespon sama sekali, alhasil DVR tidak bisa diakses.


Mungkin masih banyak alternatif lainnya, tapi yang baru saya tahu hanya yang saya sebutkan di atas. Mungkin para pembaca ada yang bisa menambahkan? Saya tunggu komen-nya.

Semoga bermanfaat…

17 comments:

  • anekakawan says:
    February 22, 2012 at 7:21 AM

    Alternatif lainnya, ya... ikut yang berbayar

  • Mohamad Rizal Fahlevi says:
    February 22, 2012 at 3:30 PM

    nah itu salah satu alternatif yang tidak free...
    sekedar info... kalo ga salah 20 dolar pertahun paket pro dyndns itu bisa sampe 30 hostname yang kita dapet. dan betul apa yang anekakawan bilang alternatif lain, sengaja saya tidak cantumkan karena tidak free-nya itu.
    Pilihan balik lagi kepada para pembaca...
    Terima kasih sudah berkunjung...

  • Eka K. says:
    February 22, 2012 at 9:10 PM

    Sudah hampir setahun di rumah sy menggunakan speedy dgn modem TP-Link dan DVR Avtech yg kemudian via software eagle-eyes bs memantau rumah baik dari iPad maupun hp android. Tapi sejak free host name di DynDNS tdk bs diakses lagi, sy mencoba mendapatkan host baru dgn berbayar $ 2.9 yg berlaku sebulan dan sdh teraktifasi.
    Masalahnya, setelah saya ganti semua dgn host name yg baru pd setting di eagle ayes maupun pd modem, kok ga berhasil unt dpt diakses via internet. Padahal unt lwt laptop di rumah dgn IP address-nya bs terpantau...
    Mohon pencerahan, kira2 kelirunya dimana ya...? Sy khawatir ini akibat angka2 pd setting-an network di DVR yg belum pas..(?)
    Mohon bantuan mas Rizal.. Trims sebelumnya.

  • Mohamad Rizal Fahlevi says:
    February 23, 2012 at 9:00 AM

    Coba Mas Eka cek dulu, apa hostname yang teregister di DynDNS masih dalam kondisi normal? Maksud saya normal tidak dalam keadaan "abuse". Soalnya kalo saya liat dari penjelasan Mas Eka updaternya ada 2 ya? di DVR dan di Modem. Yang pernah saya alami kalo ada seperti itu DynDNS menganggap "abuse" dan hostnamenya biasa inactive. Hapus saja salah satu updaternya, saya lebih prefer updater di modem. Tunggu saja kurang lebih selama 2 hari hostnamenya untuk pulih.
    Skenario ke-2, anggap saja kondisinya normal. Tetap updater gunakan satu saja di modem, kalo perlu reboot. Nah untuk mengetahui ip address publik sudah ter-update ke hostname, coba buka page http://canyouseeme.org. Disitu Mas Eka akan melihat ip address publik saat itu. Setelah itu buka juga DynDNS, login, buka link My Host, dan lihat apakah IP Address Publik hostname Mas Eka yang teregister sama dengan IP Address yang terlihat di canyouseeme? Jika sama harusnya DVR harus sudah bisa diakses via internet. Kalo sekiranya penjelasan saya rumit, insya Alloh akan saya kirim penjelasan berupa gambar ke email Mas Eka. Kirim saja email Mas Eka ke cctv.aspect[dot]gmail[dot]com. Semoga membantu

  • Eka K. says:
    February 23, 2012 at 11:13 PM

    Saya sdh hubungi mas via email... Mhn tanggapannya.
    Trim's banyak.

  • Mohamad Rizal Fahlevi says:
    February 25, 2012 at 1:10 PM

    Pa Eka K,
    Penjelasannya sudah saya siap kirim, tapi di inbox email saya tidak ada email Bapak. Mohon dikirim ulang email Bapak ke cctv.aspect[at]gmail[dot]com...

  • This comment has been removed by a blog administrator.
    Eka K. says:
    February 26, 2012 at 7:00 AM

    This comment has been removed by a blog administrator.

  • Mohamad Rizal Fahlevi says:
    February 27, 2012 at 8:58 AM

    Betul sekali penjelasan Pa Eka...
    Sudah saya kirim Pa, coba cek inbox.
    Semoga membantu...

  • Eka K. says:
    February 29, 2012 at 4:57 AM

    Terimakasih mas Rizal..
    Masalah sdh bisa saya atasi. Setelah sy coba petunjuk itu, cctv berhasil diakses kembali..

  • Hariman Marsapana says:
    March 20, 2012 at 2:25 PM

    tengkyu mas artikelnya bermanfaat, samapi saat ini untuk alternatif pengganti ddns yang enak apa neh, kebetulan aku lg mau belajar tentang cctv juga neh, lokasi dimana neh mas rizi, slam kenal

  • r1zi says:
    March 20, 2012 at 2:48 PM

     Sebenarnya pengganti  DynDNS tergantung dari:
    1. DVR yang digunakan.
    2. Modem ADSL yang digunakan.
    Dari ke-2 device tersebut Bapak bisa lihat DDNS mana saja yang support. Bisa dilihat di menu networking (untuk DVR), sedangkan untuk ADSL biasanya di Advanced Setup > DDNS. Jika yang tercantum hanya DynDNS saja maka mau tidak mau Bapak harus mengganti modem ADSL yang support free DDNS seperti DLink dengan dlinkddns.com-nya atau bagusnya  yang support no-ip. Beberapa DDNS yang pernah saya coba sudah saya posting di blog ini cara register hostname-nya. Dan semuanya lumayan bagus, dan itu semua tergantung dari updaternya. Untuk lebih jelasnya bisa Bapak baca di artikel saya yang lain.

    Saya ada di Bandung Pa, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.   :-)

  • rajagoda says:
    May 17, 2012 at 3:30 PM

    Sejauh pengalaman yang pernah saya alami penenaman account ddns jangan di tanam di DVR maka akan sering terjadi dinamic ip public-nya tidak ter-resolve dengan baik, saya sarankan DDNS account mesti di tanam atau di tambahkan pada modem karena yang terjadi perubahan ip itu adalah modemnya bukan DVRnya (silahkan bisa di coba dan bandingkan)  

  • GBI says:
    May 23, 2012 at 9:21 AM

    mau nambahin informasinya, sekarang dyndns, hanya menyediakan 14 hari masa trial tidak 30 hari lagi. mohon di update lagi informasinya.

  • r1zi says:
    May 23, 2012 at 10:36 AM

    Sudah saya update mas, tengkyu atas masukannya

  • Mas Yoyoi says:
    March 7, 2013 at 10:32 PM

    hati hati gan setelah trial 14 hari habis, otomatis langsung memotong 20 us dollar gan, ane korbannya dyndns gak fer

  • rahmadi adi says:
    April 16, 2013 at 8:11 PM

    sekarang harga naik jadi 25 dolar gan, kuota tetap sama yaitu 30 hostname. kalau mau yang gratis ya seperti tulisn diatas pake aja modem/router d-link, nanti pake dlinkddns. Share pengalaman nih kalau pake dyn.com sebaiknya jangan pake modem aztech, tp link td 8817, tp link td w 8151, airlink ama smc karena modem type itu sering gagal update dan kalau lama gak diakses modemnya maka password terkunci, kl tp link yang selama sy pake lumayan bagus td w8951nd, atau D-link, atau linksys.

    Setting ddns sebaiknya di modem apa dvr? ini tergantung fitur dvr, jika dvr disertai dengan hostname, maka setting di dvr, dijamin sejam ip publik ganti 1000x pun tetap update. tapi kl dvr tidk support dengan hostname maka domain disetting pada modem/ router. Pengalaman juga kalo pake router, diseeting bridge dan ddns diletakkan di router hasilnya lebih bagus.(tapi apa pengaruh merk routernya ya? sy malah gak tahu soal ini, cuma tahu hasilnya he he he)

  • thaphe says:
    May 29, 2013 at 4:16 AM

    Mas saya sering setting dvr dengan firstmedia menggunakan router, masalahnya klau di ping RTO tp klau pake IE ato software bawaanya bisa, kira2 dimana salah settingnya ?

Post a Comment

 

Traffic

Blog Directory & Backlink