-->

Memilih Lensa CCTV Yang Salah!

Tidak dipungkiri kalau lensa merupakan ujung tombak dari sistem CCTV. Tanpa lensa sistem ini tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Tetapi tidak sedikit proses pemilihan lensa yang tidak optimal. Ujung-ujungnya tujuan customer memasang cctv sedikit atau bahkan banyak terabaikan.

Salah satu tujuan dipasangnya cctv di rumah ataupun di kantor adalah untuk melihat aktivitas orang-orang yang terlibat didalamnya. Tetapi tahukah anda, pemasangan cctv selain untuk melihat juga bisa dioptimalkan untuk mengenali bahkan mengidentifikasi seseorang?

Menurut salah satu website yang pernah saya kunjungi, standar penggunaan/pengawasan dalam cctv ada 4 level, yaitu:

  • Detect.
  • Observe.
  • Recognise.
  • Identify.

Level Detect berfungsi untuk mengamati apa yang sedang dilakukan oleh orang-orang. Sedangkan level observe berfungsi untuk mencari ada tidaknya orang pada gambar kamera yang sedang diamati. Kebanyakan pemasangan cctv hanya ada pada level ini. Ciri dari level Detect adalah objek yang diamati sebesar 10% dari screen/gambar kamera. Level Observe, objek yang diamati sebesar 20%.

Level recognise cctv dapat mengenali objek yang sedang dilihat. Supaya objek dapat dikenali maka objek yang diamati harus sebesar 50% dari screen/gambar kamera. Pada level ini area yang diamati kira-kira lebarnya sebesar 4,3 meter.

Pada level Identify, cctv selain dapat mengenali juga dapat mengidentifikasi secara tepat orang yang sedang dilihat. Adapun besarnya objek yang diamati pada screen adalah harus sebesar 100% dari screen/gambar kamera.

Contoh kasus:

Jika digunakan kamera 1/3” dengan lensa 3,6 mm, maka field of view yang didapat adalah sekitar 70 derajat. Wajah objek dapat dikenali jika objek tersebut berjarak 3,2 meter dari kamera.

636px-Detect-observe-recognise-identify

Yang menjadi pertanyaan adalah lensa dengan ukuran yang tepat seperti apakah yang dapat dipilih untuk masing-masing level?

Berikut saya sajikan tabel yang dapat digunakan untuk pemilihan lensa.

tabel ukuran lensa

Semoga bermanfaat…

Sumber: www.cctv-information.co.uk

LihatTutupKomentar