Home » » Apa Itu Effective Pixel Pada CCD?

Apa Itu Effective Pixel Pada CCD?

Pernahkah anda membaca atau memperhatikan spek Total Pixels ataupun Effective Pixels Numbers dari suatu kamera, seperti gambar di bawah ini?

 

spek pixel ccd

 

Tidak semua merk mencantumkan spek diatas terutama kamera tidak ber-merk (OEM alias merk yang dibuat sendiri).


Pixels yang tercantum di spek tersebut harap dibedakan dengan pixels pada gambar ataupun resolusi output DVR. Pixels tersebut merujuk ke titik yang terdapat pada permukaan sensor kamera (CCD).

Satu pixel pada sensor kamera akan menerima/menangkap cahaya yang jatuh dari lensa dan mengubahnya ke sinyal elektrik. Semakin banyak pixel pada sensor, maka semakin banyak pula kemampuan CCD untuk menerima cahaya, sehingga output gambar yang dihasilkan semakin tajam.


Total Pixels Number mendefiniskan keseluruhan titik yang terdapat pada suatu sensor. Sedangkan Effective Pixels Number mendefiniskan banyaknya titik pada sensor yang benar-benar menghasilkan gambar pada suatu kamera.

 

ccd pixels

 

Pada gambar di atas terlihat ada beberapa area. Area A dan B inilah yang disebut dengan Effective Pixels Number, dan area ini sajalah yang benar-benar menerima cahaya dari lensa (lingkaran merah), sedangkan sisanya tidak. Area A dan B merupakan area pengaturan ukuran lensa (focal length).

 

Refrensi:

http://www.planetsecurityusa.com/cctv_guide#effectivepixels.

 

0 comments:

Post a Comment

 

Traffic

Blog Directory & Backlink