-->

Optimalkan Fungsi Face Capture Pada CCTV Anda!

Apa itu Face Capture/Facial Capture? Ada 2 terminologi face dalam cctv yang saya kenal, yaitu face capture dan face recognition. Face capture yaitu salah satu fungsi cctv untuk “menangkap” scene atau gambar wajah seseorang. Proses face capture dimaksudkan untuk mendapatkan informasi yang cukup dalam rangka mengenali seseorang.

Sedangkan face recognition selain “menangkap” juga membandingkan/menganalisa data capture tersebut dengan basis data yang ada, Jadi face recognition sudah merupakan salah satu proses video analityc dan memerlukan perangkat yang lebih canggih lagi.
Salah satu tujuan dipasangnya cctv adalah untuk mengenali seseorang jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apa bagusnya cctv anda jika tidak dapat mengenali seseorang? Diperlukan beberapa langkah dalam membuat sistem face capture ini.
Yang pertama adalah diperlukan kamera khusus untuk identifikasi wajah. Kamera tersebut diset sedemikian rupa sehingga 25% dari gambar kamera yang dicapture terpenuhi oleh gambar wajah.

facial capture 2

Cari lokasi yang tepat untuk penempatan kamera tersebut, bagusnya tempat keluar masuk area merupakan tempat paling ideal. Oiya, gunakan juga kamera DNF dengan penerangan yang cukup di area tsb.

Berikutnya adalah memasang kamera overview. Kamera ini berfungsi untuk memantau area secara keseluruhan dan untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh orang tsb.
facial capture

Terakhir adalah setting resolusi record DVR. Untuk kamera overview cukup dengan CIF, sedangkan untuk kamera face capture set di D1.
Sekian artikel saya kali ini.

Semoga bermanfaat,…
LihatTutupKomentar