-->

Apa itu IT (Interline Transfer) CCD?

it-ccd

Bermula dari pertanyaan seseorang yang menanyakan spek kamera cctv. Katanya ada requirement spek cctv yang harus Sony CCD, nah kamera *** ini apakah Sony punya atau bukan ? Karena yang tertera IT-CCD.

Saya coba gugling seharian, dan yang saya temukan semuanya penjelasan sangat teknis sekali. Intinya saya juga ga ngerti…he..he.. Tapi saya coba untuk menjelaskan sebisanya.

CCD atau Charger Couple Device adalah komponen utama dari kamera, baik itu kamera cctv, kamera SLR, dll. Fungsinya untuk mengubah cahaya/photon yang merupakan pantulan dari objek ke elektron sehingga bisa diproses menjadi sinyal listrik.

CCD ini termasuk salah satu tipe memori, itu bisa dilihat dari bentuk fisiknya yang mirip dengan IC EPROM hanya lebih kecil,

CCD_Image_sensor


Nah lalu apa itu IT CCD? Bedanya dengan Sony CCD apa? Sebenarnya IT CCD atau Inter Transfer CCD merupakan salah satu arsitektur CCD dengan kata lain kata IT disini sudah merujuk internal IC CCD-nya itu sendiri. Terbuat dari apa, berapa jumlah IC register internalnya, bagaimana cara kerjanya, dsb. CCD itu sendiri mempunyai 3 arsitektur yaitu:

  • IT (Interline-Transfer CCD).
  • Full Frame Transfer CCD.
  • Frame Transfer CCD.

Ketiganya tidak akan saya bahas, cukup mengenalnya saja.

Lalu bedanya apa sama Sony CCD? Pertanyaan itu mirip seperti ini: Apa bedanya motor bebek dengan motor yamaha? Mudah-mudahan jelas analogi yang saya berikan. Jadi intinya bisa saja salah satu CCD Sony mengadopsi arsitektur diatas tsb.

Dan satu catatan lagi, tidak hanya Sony yang membuat CCD, tetapi bisa saja factory dari merk kamera yang bersangkutan membuat sendiri.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat…

 

LihatTutupKomentar